PENGENDALIAN VIRUS DAN PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI DENGAN MENGGUNAKAN PESTISIDA (BAKTERISIDA)

PENGANTAR 
selain organisme pengganggu tanaman (OPT), yang menyebabkan kerusakan pada tanaman (cabai) juga bisa disebabkan oleh penyakit. yang dimaksud penyakit pada tanaman adalah adanya perubahan seluruh atau sebagian organ-organ tanaman yang menyebabkan terganggunya kegiatan fisiologisnya, atau penyimpangan dari keadaan normal.

Penyebab sakit (Phatogen) ini bermacam-macam :Bakteri, Cendawan, Virus, kekurangan atau kelebihan air, kekurangan atau kelebihan unsur hara atau karena tanaman mendapatkan stress lingkungan misalnya suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

BAKTERI PENYERANG TANAMAN CABAI
  • Penyakit Layu Bakteri Ralstonia (Ralstonia solanacearum)
Penyebab : Pseudomonas solanacearum, bakteri ini ditularkan melalui tanah, benih, bibit, sisa-sisa tanaman, pengairan, nematoda atau alat-alat pertanian.
Gejala : Pada tanaman tua, layu pertama biasanya terjadi pada daun yang terletak pada bagian bawah tanaman. Pada tanaman muda, gejala layu mulai tampak pada daun bagian atas tanaman. Setelah beberapa hari gejala layu diikuti oleh layu yang tiba-tiba dan seluruh daun tanaman menjadi layu permanen, sedangkan warna daun tetap hijau, kadang-kadang sedikit kekuningan. Jaringan vaskuler dari batang bagian bawah dan akar menjadi kecoklatan. Bila batang atau akar dipotong melintang dan dicelupkan ke dalam air yang jernih,
maka akan keluar cairan keruh koloni bakteri yang melayang dalam air menyerupai kepulan asap. Serangan pada buah menyebabkan warna buah menjadi kekuningan dan busuk. Infeksi terjadi melalui lentisel dan akan lebih cepat berkembang bila ada luka mekanis. Penyakit berkembang
dengan cepat pada musim hujan.
  • Penyakit Busuk Buah Antraknosa (Collectrotichumgloeospoiroides)
Gejala awal penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak yang agak mengkilap, sedikit terbenam dan berair, berwarna hitam, orange dan coklat. Warna hitam merupakan struktur dari cendawan (mikro skelerotia dan aservulus), apabila kondisi lingkungan lembab tubuh buah akan berwarna orange atau merah muda.
  • Penyakit Virus kuning (Gemini Virus)
Gejala serangan : Helai daun mengalami vein clearing dimulai dari daun pucuk berkembang menjadi warna kuning jelas, tulang daun menebal dan daun menggulung ke atas. Infeksi lanjut dari gemini virus menyebabkan daun mengecil dan berwarna kuning terang, tanaman kerdil dan tidak berbuah. Keberadaan penyakit ini sangat merugikan karena mampu mem pengaruhi produksi buah.

BAKTERISIDA
Bakterisida memiliki beberapa kandungan bahan aktif, diantaranya: Streptomicin Sulfat, Oksitetrasiklin, dll.Bakterisida adalah jenis pestisida yang dibuat dan digunakan secara spesifik untuk mengendalikan penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh bakteri.bakterisida antara lain dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit layu bakteri,kerak bakteri, hawar daun bakteri, bercak bakteri,bakterial speck, dan peenyakit lain yang disebabkan oleh bakterilainnya.

Prodak bakterisida:
  • Agrept

Agrept mempunyai bahan aktif streptomisin sulfat 25 %bakterisida tersebut, dibuat dalam bentuk bubuk, yang sebelum dipakai harus dilarutkan oleh air terlebih dahulu. agrept bersifat sistemik, bisa masuk ke dalam jaringan tanaman, menjadikan jaringan itu bersifat racun bagi bakteri.
  • Agrimycin

berisi bahan aktif berupa (Streptomisin sulfat) 15 %, juga mengandung oksitetra siklin 1,5 %.dibuat dalam bentuk bubuk, yang sebelum dipakai harus dilarutkan oleh air terlebih dahulu. agrept bersifat sistemik, bisa masuk ke dalam jaringan tanaman, menjadikan jaringan itu bersifat racun bagi bakteri.
  • Bactoyn (bahan aktif oksitetrasiklin)

  • PLANTOMYCIN 7WP

Nama Bahan         Streptomicin Sulfat 6,41 %
No.                       Daftar RI. 2303/12-2005/T
Pabrik                   PT. TECHKING ENTERPRISES INDONESIA
Berat                     10 Gram
PLANTOMYCIN 7WP merupakan Bakterisida sistemik berbentuk bubuk berwarna putih yang dapat disuspensikan dalam air, untuk mengendalikan penyakit hawar daun bakteri Xantomonas oryzae. Pada pertanaman padi.untuk mengendalikan penyakit busuk batang, busuk buah, busuk akar dan juga penyakit layu yang disebabkan oleh bakteri. Plantomycin 7WP bisa digunakan untuk semprot kocoran, dapat dicampur dengan bahan pestisida lainnya seperti : fungisida dan calsium, juga bisa dicampur dengan pupuk dasar maupun pupuk kocor.
  • KUPROXAT 345 SC

KUPROXAT 345 SC merupakan fungisida yang juga berfungsi sebagai bakterisida. Berbahan aktif tembaga oxysulfat direkomendasikan untuk mengendalikan penyakit hawar daun pada padi sawah (Kresek), penyakit antraknosa pada tanaman cabai, penyakit blendok pada jeruk dan penyakit busuk buah pada kakao.

KEUNGGULAN PRODUK :
KUPROXAT 345 SC mengandung tri-basic Copper Sulfate sebagai bahan aktif
  1. Efektif baik sebagai fungisida maupun bakterisida karena ukuran partikelnya yang sangat halus dan daya melekatnya yang baik.
  2. Satu-satunya produk berbahan aktif tembaga yang difrormulasi dalam bentuk cair.
  3. Spektrum yang luas yang bekerja secara multisite, sehingga jamur resisten menjadi sangat kecil.
  4. Pelepasan ion Cu terkontrol dengan baik dan bersifat slow release sehingga tidak fitotoksik terhadap tanaman dan dapat melindungi tanaman dari jamur dan bakteri dalam waktu yang lama.
  5. Ukuran partikel paling kecil dibanding fungisida tembaga lainnya sehingga penutupan yang baik pada tanaman.
  6. Bersifat rainfastness (tahan terhadap pencucian air hujan).
  7. PH formulasi dan larutan semprot bersifat netral, sehigga tanaman tidak akan stress pada saat disemprot.
  8. Stabilitas suspensi yang tinggi pada larutan dalam tangki, sehingga tidak ada pengendapan dan tidak menyumbat nozzle.
REKOMENDASI PENGGUNAAN

Dan masih banyak lagi produk lainnya yang bisa digunakan untuk penanggulangan penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh bakteri.

Demikian, semoga bermanfaat terimakasih (Ansor Musalam)





1 komentar:

Terima kasih mas Ansor Musalam infonya, saya merasa kurang ilmu tentang bacterisida padahal jenis hama tanaman padi yang bikin gemas salah satunya ini, wassalam 👍

Reply

Posting Komentar